Alasan Menggandeng Ahli Perencana Keuangan

Ahli Perencana Keuangan

  • Memenuhi kebutuhan dapur
  • Melunasi hutang
  • Menyekolahkan anak-anak sampai ke jenjang pendidikan tinggi
  • Membeli aset
  • Memiliki masa pensiun yang bebas problem finansial
  • Mewariskan kekayaan

Menjadi beberapa keuntungan yang bakal Anda dapatkan jika merencanakan keuangan. Masih berpikir dua kali untuk merencanakan keuangan? Masih single atau justru telah menikah terlebih sudah memiliki anak, mengabaikan perencanaan keuangan tak boleh diabaikan. Minimnya pengetahuan atau keterampilan dalam merencanakan keuangan jangan dijadikan alasan tidak melakukannya. Saat ini telah banyak perencana keuangan Jakarta yang bisa Anda gandeng. Selain karena alasan ketidakmampuan sehingga takut melakukan kesalahan, di bawah ini ada alasan lain mengapa Anda patut menggandeng ahli perencana keuangan.

Memperbaiki kondisi keuangan yang “sakit”

Setiap orang tanpa terkecuali, baik yang belum menikah maupun yang telah menikah terlebih yang telah memiliki anak punya potensi kondisi keuangannya “sakit”. Kondisi keuangan yang “sakit” maksudnya adalah keuangan yang dimiliki tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup saat ini apalagi untuk masa depan. Alhasil, hutang jadi menumpuk. Jika dibiarkan, kondisi ini membuat depresi, apalagi jika tidak dapat membayarnya sehingga membuat bunganya semakin tinggi. Kondisi ini juga memungkinkan satu per satu aset terjual mulai dari perabotan rumah bahkan sampai dengan rumah yang ditinggali.

Dalam kasus ini, apabila Anda menggandeng ahli perencana keuangan, beliau akan melacak pemicu daripada kondisi keuangan yang “sakit”. Selanjutnya bakal memperbaikinya hingga menjadi “sehat” kembali. Sebagai contoh, ahli perencana keuangan menemukan pengeluaran yang jauh lebih besar dibanding penghasilan. Kemungkinan ahli perencana keuangan akan meminta Anda untuk melacak pengeluaran-pengeluaran tersebut agar ke depannya dapat ditekan bahkan dibuang jika memang tidak penting guna memperbaiki kondisi keuangan.

Memberikan saran tentang produk keuangan

Mengalokasikan penghasilan kepada salah satu atau beberapa produk keuangan menjadi salah satu aktivitas dalam perencanaan keuangan. Fungsi daripada produk keuangan ini adalah untuk melindungi kekayaan Anda sekaligus meningkatkan kekayaan Anda. Dengan kata lain, produk keuangan ditujuan untuk mewujudkan tujuan finansial seperti halnya menyiapkan dana pendidikan anak, memiliki rumah idaman, mengunjungi Mekkah dan Madinah, memiliki dana pensiun, dan lain sebagainya. Seorang ahli perencana keuangan akan mengerti mana produk keuangan yang tepat untuk mewujudkan tujuan finansial Anda berdasarkan pengetahuan & pengalamannya.

Sebagai contoh, ahli perencana keuangan memberikan saran pada Anda untuk investasi di properti sebagai tips mempersiapkan pensiun. Alasannya, harga properti cenderung naik tidak turun sehingga dapat meminimalisir kerugian. Bisa juga menyarankan untuk mengambil reksadana untuk memiliki rumah idaman karena dana awal yang lebih rendah. Atau juga menyarankan untuk mengambi deposito untuk melindungi dana pendidikan anak karena return yang ditawarkan bakal lebih tinggi dibanding tabungan lainnya. Seorang ahli tidak asal dalam memberikan saran, mereka bakal mempertimbangkan berbagai hal misalnya tujuan finansial, usia anak, usia Anda, kondisi keuangan, dan lainnya.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua perencana keuangan mampu memberikan apa yang Anda harapkan. Bahkan ada beberapa penipu ulung yang berkedok sebagai ahli perencana keuangan. Untuk menghindari jadi korban penipuan oleh ahli perencanaan keuangan abal-abal, berikut ini tips dalam memilih ahli perencana keuangan:

  • Pastikan memiliki sertifikasi yang terakreditasi
  • Usahakan telah memiliki jam terbang tinggi, idealnya minimal 3 tahun
  • Pertimbangkan testimony dari pelanggannya, terutama dari orang terdekat
  • Ketahui track record-nya

Tak kalah penting, pastikan tarif jasa yang ditawarkan sesuai dengan kantong Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *