Jika Investasi Gagal, Lakukan Ini

kegagalan aInvestasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan berlipat di masa yang akan datang. Ya, ini adalah alternatif dari menabung. Namun, investasi hanya diperbolehkan untuk orang-orang yang sudah berhasil memenuhi kebutuhan hidupnya secara maksimal. Itu artinya bahwa mereka memiliki uang menganggur yang tidak terpakai sama sekali. Dengan demikian, mereka bisa mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang apabila mereka berinvestasi. Sayangnya, tidak semua orang yang melakukan hal ini mendapatkan keuntungan pada akhirnya. Mereka gagal berinvestasi dan berakhir dengan kekecewaan.

Apakah Anda sudah berinvestasi dan mengalami kegagalan? Jika iya, apa yang akan Anda lakukan kedepannya? Jika Anda tidak tahu apa yang harus Anda lakukan, ada baiknya melakukan hal-hal di bawah ini:

Ambil waktu untuk menenangkan diri

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengambil waktu untuk menenangkan diri. Hal ini penting untuk dilakukan karena jika tidak, investasi Anda akan menemui jalan buntu lagi. Selama masa menenangkan diri, ada baiknya untuk menenangkan diri dengan cara pergi jalan-jalan, bersenang-senang bersama keluarga, berolahraga, dan melakukan hal-hal lainnya yang bisa membuat Anda terhibur. Lupakan semua masalah kegagalan yang menerpa Anda dan move on. Yakinlah bahwa kegagalan Anda adalah kesuksesan yang tertunda dan semua investor pun pasti pernah mengalami kegagalan. Oleh sebab itu, berlapang dada dan jangan menyerah.

Evaluasi dan temukan letak kesalahan

Setelah semuanya membaik, evaluasi dan temukan letak kesalahan Anda. Sebagai contoh, apabila Anda berinvestasi pada sebuah rumah dan ternyata harga jual rumah menurun, cari tahu apakah rumah tersebut masih layak huni atau tidak atau jika Anda berinvestasi pada saham dan nilai jual saham Anda menurun ketika menjualnya, cari tahu apakah perusahaan pemilik saham tersebut sedang anjlok atau tidak. Pada umumnya, kegagalan yang terjadi biasanya disebabkan karena investor menjual aset investasinya di waktu yang kurang tepat. Hal inilah yang membuat nilai jual aset Anda menurun secara drastis.

Bagaimana jika Anda sudah mengikuti prosedur di mana Anda menjual di waktu yang tepat tapi Anda tetap mengalami kerugian? Dalam kasus ini, Anda mungkin sudah bekerjasama dengan orang yang salah sehingga ada banyak uang Anda yang dipotong biaya ini dan itu sehingga keuntungan Anda menjadi minus. Bisa dibilang pada kasus ini Anda sudah mengalami penipuan. Anda boleh menyelidiki kasus ini lebih detail dan bahkan melaporkan kepada pihak berwajib jika memang Anda memiliki bukti yang kuat.

Minta bantuan dari pialang

Hampir di setiap bentuk investasi, Anda akan menemukan pialang yang dapat membantu Anda menganalisa dan mengambil keputusan. Sebagai contoh, jika Anda berinvestasi pada pasar uang atau forex trading, pialang akan membantu Anda menganalisa pergerakan harga dan mengambil keputusan agar Anda tidak menjual aset investasi Anda di saat yang salah. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk meminta bantuan dari pialang jika Anda ingin memulai kembali investasi Anda. Oya, pialang yang harus dipilih adalah pialang yang sudah berpengalaman dan menangani banyak investor. Cek reputasi dan rekam jejaknya jika Anda masih ragu. Jika Anda menemukan informasi tentang komplain klien mereka yang jumlahnya tidak sedikit, ada baiknya untuk mencari pialang lain yang lebih terjamin mutu dan kualitasnya.

Di samping itu, jika Anda masih kebingungan menemukan pialang yang tepat, Anda bisa meminta saran dari orang-orang di sekitar Anda yang pernah berinvestasi dan menggunakan jasa pialang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *