Pentingnya Membuat Perencanaan Keuangan

Perencanaan KeuanganTidak hanya bagi yang sudah berkeluarga, perencanaan keuangan juga mesti dimiliki oleh seorang yang masih single, terutama yang sudah mempunyai penghasilan sendiri. Dengan mengatur jumlah pengeluaran, menyediakan dana darurat, menyisihkan  untuk tabungan, investasi, dan lain sebagainya, besar kemungkinan keuangan akan dapat terjaga dengan sehat. Perencanaan keuangan memang kerap disepelekan oleh banyak orang bahkan sering kali menunda-nunda sehingga menjadi terlupakan. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh apabila mampu membuat perencaan keuangan dengan baik, tiga di antaranya adalah:

Menghindari hutang

Perencanaan keuangan akan dapat membuat semua pengeluaran menjadi terpenuhi, seperti halnya cicilan rumah, kendaraan, kebutuhan rumah tangga, pendidikan anak, dana darurat, dsb. Keharusan untuk melakukan pinjaman dana ke orang lain akan terbatasi sehingga masalah hutang bisa dinetralisir. Akan tetapi, hutang juga bisa timbul dikarenakan kebutuhan hanya apat teratasi sampai pertengahan bulan karena kerap kali mengabaikan anggaran sedangkan di akhir bulan sehingga mau tidak mau harus melakukan pinjaman. Masalah seperti ini pada dasarnya sangat umum di alami, solusi yang hanya dapat dilakukan selanjutnya ialah dengan mematuhi anggaran yang sudah dibuat. Misal, anggaran untuk kebutuhan pokok adalah sebesar 2 juta rupiah untuk 1 bulan (sampai menerima gaji kembali), penting untuk mematuhi anggaran tersebut selama waktu tersebut agar keuangan tidak kacau.

Ingat hutangan bisa daja menjadi berlipat ganda, terlebih bila menghutang dengan rentenir atau di bank tentu bunganya akan sangat tinggi. Bahkan, semakin lama hutang tidak mampu dibayar maka akan semakin tinggi pula jumlah yang harus dilunasi. Untuk itu, meski perencanaan keuangan terlihat sepele baiknya harus menjadi suatu prioritas dalam hidup agar bisa aman dan nyaman.

Memenuhi kebutuhan mendadak

Seperti yang terdapat pada kalimat di atas bahwa, salah satu bagian dari sebuah anggaran adalah dana darurat. ketersediaan dana darurat sangat berperan penting untuk mendapatkan kenyamanan dalam hidup. Misal, ada keluarga atau diri sendiri jatuh sakit, tentunya butuh dana untuk berobat. Sementara tabungan sudah menipis dan uang yang ada sudah terpakai untuk memenuhi kebutuhan utama dan keinginan. Beruntung jika mempunyai asuransi kesehatan, biaya untuk berobat dapat diminimalisir. Namun tetap saja, butuh dana darurat untuk mengajukan klaim asuransi. Itulah gunanya membuat sebuah perencaan keuangan salah satunya untuk memenuhi kebutuhan mendadak yang bisa saja datang tanpa diduga.

Membuat masa tua lebih nyaman

Banyak orang berpikir bahwa dana pensiun hanya dapat dimiliki oleh mereka yang berprofesi sebagai pegawai. Perihal demikian sangatlah keliru karena dana pensiun juga bisa dimiliki masyarakat biasa tidak lain dan tidak bukan adalah dengan perencanaan keuangan. Bagaimana tidak, jika kebutuhan utama telah terpenuhi, dana darurat sudah dianggarkan, investasi sudah siapkan, tentu dana untuk masa pensiun dapat pula disisihkan. Bahkan, dana untuk masa pensiun bisa diatur sendiri nilainya, semakin besar dana yang dipersipkan maka akan semakin baik pula hasilnya. Justru dengan dana pensiun bukan tidak mungkin dapat dijadikan sebagai warisan kepada anak cucu guna melanjutkan kehidupan mereka. Oleh sebab itu, perencaan keuangan juga bisa dikatakan mampu membuat masa tua menjadi lebih nyaman terutama saat tubuh sudah tidak mampu lagi bekerja.

Perencanaan keuangan pada dasarnya sangatlah penting untuk dibuat, apalagi jika penghasilan masih di bawah rata-rata harus bisa merencanakan keuangan dengan sebaik-baiknya, supaya dapat terhindar dari lilitan hutang dan juga terwujudnya beberapa keinginan di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *